Berkunjung di Taman Pustaka Sendangagung

SENDANGAGUNG-Salah satu upaya Pemerintah Desa untuk meningkatkan literasi di Indonesia, khususnya di Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan adalah dengan mendirikan Perpustakaan Desa. Peerpustakaan ini diberi nama “Taman Pustaka”.

Salsa, Putra Bidan Desa.

Nah, ada yang menarik nih. Gadis kecil, putra bidan desa yang satu ini termasuk salah satu warga yang paling sering berkunjung ke Taman Pustaka Sendangagung. Begitu datang dengan senyum manisnya, lalu dia bertanya “Masih buka perpusnya?”. Usai mengisi buku tamu, dia langsung menuju rak buku. Tanpa basa-basi, matanya langsung mengarah ke satu buku. Diambilnya lalu mencari tempat duduk, diam lalu membaca. Panggil dia “Salsa”.

Taman Pustaka, Perpusatakaan Desa Sendangagung ini berdiri pada tahun 2017 yang dipelopori oleh Kader-Kader Penggerak PKK Sendangagung. Bermula dari puluhan buku koleksi, dan kini menjadi ribuan buku sudah tertata di rak Taman Pustaka. Untuk bangunan saat ini masih satu lokasi di kantor desa Sendangagung, tepatnya di ruang pelayanan. Hal ini bertujuan ketika warga menunggu antrian pelayanan administrasi, bisa menunggu sambil menikmati aneka ragam buku bacaan. Selain itu, sejak tahun 2019 Taman Pustaka sudah memiliki pustakawan dari Pemuda-Pemudi di Desa Sendangagung yang tergabung di kepengurusan karang taruna, dan yang lebih menjadi unggulan lagi mereka termasuk lulusan akademik di bidang perpustakaan. Sehingga kini pengelolaan Taman Pustaka di Desa Sendangagung semakin tertata.

Nah, bagi warga Sendangagung yang ingin berkunjung ke Taman Pustaka, jam bukanya mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB. Untuk hari Sabtu-Minggu tutup, kecuali ada kegiatan tertentu. Lalu kalau kita ingin meminjam buku di Taman Pustaka dan bisa dibaca di rumah, syaratnya mudah loh. Silakan daftar di pustakawan atau bisa mengakses website resmi Taman Pustaka Sendangagung. (admin)